Pengertian Desain

Posted: 29 April 2011 in article

Desain berasal dari kata dessiner (Bahasa Perancis) yang berarti “menggambar”, kadang diartikan dalam pengertian perancangan. Disebabkan kecenderungan terakhir tentang bidang desain yaitu meliputi cara penanganan berbagai bidang seni, kerajinan, pelajaran lingkungan, teknologi, dan sebagainya. Untuk mengartikan “desain” diperlukan sikap hati-hati dan memiliki batasan tertentu sehingga tidak terjebak dalam bidang seni saja. (Agus Sachari, et. al., 1986: 22)

Desain menurut J.B. Reswick (Amerika Serikat), A creative actifity-it involves bringing into being something new and useful that has not existed previously. (Aktifitas kreatif yang di dalamnya terkandung penciptaan sesuatu yang baru dan bermanfaat yang sebelumnya tidak ada).

Desain merupakan terjemahan fisik dari aspek sosial, ekonomi dan tata hidup manusia serta merupakan suatu ungkapan kultural karena desain juga merupakan bagian dari kehidupan manusia. Untuk menghasilkan suatu desain dibutuhkan suatu proses penelitian dan proses kreatif untuk menghasilkan bentuk atau tampilan yang tidak hanya berfokus pada bentuknya saja.

Sumber:

Agus Sachari, et. al., 1986. Paradigma Desain Indonesia. Jakarta: CV Rajawali

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V.  Andi Offset

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s